Rancangan Implementasi Big Data untuk Manajemen Bencana di Indonesia

  • 1

Rancangan Implementasi Big Data untuk Manajemen Bencana di Indonesia

Category : Uncategorized

1. Big Data

Big Data adalah istilah untuk kumpulan data set yang sangat besar dan kompleks sehingga menjadi sulit untuk  memproses menggunakan onhand tools manajemen database atau aplikasi pengolahan data tranditional.  Tantangan termasuk penangkapan, kurasi, penyimpanan, pencarian, berbagi, transfer, analisis, dan visualisasi.  [ wikipedia ].

Big Data adalah istilah / konsep, yang digunakan sebagai nama generik untuk “generasi teknologi dan arsitektur  yang dirancang untuk mengekstrak nilai ekonomi dari volume yang sangat besar dari berbagai data dengan  memungkinkan kecepatan tinggi capture, penemuan, dan / atau analisa [ IDC ].

Big Data volume tinggi, kecepatan tinggi dan variasi tinggi merupakan aset informasi yang menuntut biaya yang  efektif, bentuk inovatif pengolahan informasi untuk meningkatkan wawasan dan pengambilan keputusan. [ Gartner ]

Data menjadi “Big Data”, ketika ukuran data menjadi bagian dari masalah. [ Roger Magoulas ]

Ide besarnya adalah seberapa besar Big Data ? Big Data adalah dimana saja, data ilmiah, perubahan social dan  ekonomi, sebesar 40TB/detik maka hal ini termasuk Big Data. Big Data tidak hanya berbicara tentang kecepatan,  jumlah dan variasi sumber, volume,  seperti smart meter, logs, transaksi. Tidak semua Big data mempunyai  struktur yang sama, besaran yang didefinisikan dengan baik, pengisian blog, keragaman generasi dan keterikatan,  baik secara otomatis, maupun manual, interaktif, dan update secara bertambah, mulai dari samar-samar sampai ke presisi.

Setiap hari, kita membuat 2,5 triliun byte data – begitu banyak bahwa 90% dari data di dunia saat ini telah dibuat  dalam dua tahun terakhir saja. Data ini berasal dari mana-mana : sensor yang digunakan  untuk mengumpulkan  informasi iklim, posting ke situs sosial media, gambar digital dan video, catatan transaksi pembelian,  dan sinyal  GPS ponsel untuk beberapa nama.

2. Manajemen Bencana (DM)

Manajemen bencana dapat didefinisikan sebagai organisasi dan manajemen sumber daya dan tanggung jawab  untuk menangani semua aspek kemanusiaan darurat, dalam kesiapan tertentu, respon dan pemulihan dalam  rangka untuk mengurangi dampak bencana.

Dokumen lebih lengkap tentang hal ini adalah pada paper berikut, Master Plan Big Data dan Manajemen Bencana [pdf]

Facebook Comments

-- Download Rancangan Implementasi Big Data untuk Manajemen Bencana di Indonesia as PDF --



1 Comment

Dawud Tan (陳大衛)

December 5, 2015 at 7:46 am

permisi pak, saya baru saja menulis tentang fungsi autocorrelation untuk penentuan pola data time series apakah musiman, tren, atau stationer, di artikel berikut: http://datacomlink.blogspot.com/2015/12/data-mining-identifikasi-pola-data-time.html yang ingin saya tanyakan, apakah ada teknik lain untuk mencari pola data time series selain fungsi autocorrelation ya pak? terima kasih

Leave a Reply

Archives