Kriptography

  • 0

Kriptography

Category : Uncategorized

 

Ketika Yulius Caesar mengirimkan pesan ke para Jenderalnya, dia tidak percaya begitu saja pada pembawa pesan atau kurir-kurirnya. Sehingga dia memindahkan setiap huruf A dalam pesannya dengan huruf D, huruf B dengan huruf E dan seterusnya. Hanya seseorang yang mengetahui bahwa aturan “geser 3“ yang dapat  mendekripsi pesannya.

 

Enkripsi dan Dekripsi

Data yang dapat dibaca dan dipahami tanpa beberapa manipulasi tertentu disebut plaintext atau cleartext. Metode untuk mengacak plaintext sebagai cara untuk menyembunyikan substansi pesan disebut enkripsi. Hasil mengenkripsi plaintext dalam bentuk yang tidak dapat dibaca disebut ciphertext. Anda menggunakan enkripsi untuk menjamin bahwa informasi tidak terbaca dari seseorang yang tidak berkepentingan, meskipun mereka dapat melihat data terenkripsinya. Proses untuk membalikkan kembali dari ciphertext ke plaintext yang awalnya disebut Dekripsi.

Model umum dari metode kriptografi diilustrasikan seperti gambar sebagai berikut :

kripto

Gambar 1-1. Model enkripsi dan dekripsi

Apa itu Kriptografi ?

Kriptografi adalah ilmu pengetahuan yang menggunakan matematik untuk mengenkripsi dan mendekripsi data. Kriptografi memungkinkan Anda menyimpan atau mengirimkan informasi yang sensitif melalui jaringan yang tidak aman, seperti internet sehingga ini tidak dapat terbaca oleh seseorang kecuali penerima yang berkepentingan.

Sehingga kriptografi adalah seni dan ilmu pengetahuan untuk menjaga keamanan data. Sedangkan Cryptanalysis merupakan ilmu pengetahuan dari penganalisaan dan pemecahan komunikasi keamanan komunikasi.  Cryptanalysis klasik meliputi  kombinasi yang menarik dari alasan secara analitik, aplikasi dari tool matematika, penemuan pola, kesabaran, determinasi, dan keberuntungan.  Cryptanalyst adalah orang yang melakukan Cryptanalysis  atau  disebut juga dengan Attacker. Cabang matematika yang mempelajari kriptografi dan Cryptanalysis disebut kriptologi.

 

Kekuatan Kriptografi

“Terdapat dua jenis kriptografi di dunia ini : kriptografi yang akan menahan anak kecil dari pembacaan file anda, dan kriptografi yang akan menghentikan pemerintah pusat dari pembacaan file anda“ Bruce Schneier, Applied Crytography: protocols, Algorthms, and Source Code in C.

 

Kriptografi dapat menjadi kuat atau lemah, sebagaimana dijelaskan diatas. Kekuatan kriptografi diukur dalam waktu dan resource yang diperlukan untuk menemukan kembali plaintext. Hasil dari kriptografi yang kuat adalah ciphertext yang sangat sulit untuk didekripsi tanpa penggunaan tool pendekodean yang sesuai. Seberapa Sulitnya ? Diberikan semua kekuatan komputasi saat ini dan waktu yang tersedia, walaupun Komputer biliun (1000 triliun) mengerjakan biliun hitungan per detik – adalah tidak mungkin mendekripsi hasil kriptografi yang kuat sebelum akhir dari dunia.

 

Seseorang kemudian akan berpikir, bahwa kriptografi yang kuat akan menahan lebih baik dari serangan yang secara ekstrim dilakukan oleh cryptanalyst.. Siapa yang benar-benar mengatakan hal ini ? Tidak seorangpun yang dapat membuktikan bahwa Enkripsi terkuat yang diperoleh saat ini yang akan menahannya dibawah kekuatan komputasi yang akan datang. Bagaimanapun, kriptografi kuat yang ditawarkan PGP adalah yang terbaik yang saat ini tersedia.

 

Facebook Comments

-- Download Kriptography as PDF --



Leave a Reply

Archives