Blogging dengan XAMPP

  • 0

Blogging dengan XAMPP

Category : Uncategorized

Kelebihan Blogging dengan menggunakan xampp? Pertamax, yang perlu dibongkar apa itu xampp? Secara singkat xampp : sebuah aplikasi yang mengintegrasikan beberapa service :
X : dapat berjalan diberbagai Sistem Operasi, so X bisa berarti Windows, Linux, Mac OS dll
A : Apache sbg web server,
M : Mysql sebagai Database Server,
P : PHP (bukan Pemberi Harapan Palsu) tetapi bahasa pemrograman web based yang berjalan disisi server (Server Side Programming), dan
P : Perl (Practical Extraction and Reporting Language) untuk membuat otomasi sistem

Saya kira dengan xampp, kita dapat dengan mudah membuat komputer kita menjadi webserver lengkap dengan database mysql dan phpmyadmin tanpa harus bersusah payah menginstal masing-masing service tsb (cara instant). Untuk yang mau expert di bidang Admin server kita dapat mengistalasi LAMPP : Linux, Apache, Mysql, PHP, Perl, PhpMyadmin dll secara masing-masing sehingga kita bisa belajar lebih detail dari masing2 service/aplikasi tsb.

Nah kalo sudah terpasang XAMPP/LAMPP, kita bisa memasang Aplikasi untuk membuat Blog (silakan diunduh salah satu aplikasi untuk membuat blog (WordPress) yang secara gratis dapat diunduh. Sehingga kita dapat membuat Blog secara lokal di komputer kita (localhost) tanpa harus terkoneksi dengan internet. Sehingga dapat di-kustemisasi, diedit, diubah sesuai dengan selera tanpa menyebabkan labil ekonomi, karena harus membayar internet.

Nah, langkah selanjutnya tentu mempublikasikan karya seni kamu dalam mode online, meski hanya gratisan, setidaknya orang tahu, kalo kamu ada di dunia nyata dan dunia maya.

Lah, singkat amat mas pembahasannya? Itu Xampp download dimana ? Tanya mbah google. Cara nginstal Xampp gimana? Tinggal klik Tombol Ok dan Next. Cara menjalankan Xampp gimana? Jalankan Xampp Control Panel, klik tombol start service yang mau dijalankan. Untung sampeyan jawab mas. Kalo suruh tanya google lagi, ya udah ngga usah mampir lagi ke blog ini. Mohon maaf kalo pembahasannya singkat, ada beberapa alasan mengapa demikian :

  1. Pembaca itu pintar, makanya penulis ngga usah keminter, apalagi sok nggurui, itu yang penulis hindari
  2. Pembaca itu kadang sibuk, ngga punya waktu untuk membaca tulisan yang panjang lebar, apalagi muter-muter, jadi to the point aja.
  3. Pembaca itu kadang ngga mau repot, semuanya ingin yang praktis-praktis aja. Lha kok ribet mas caranya, mbok aku di-instal-ke, wani piro? Nah itu yang aku mau…Proyek-proyek…biar recehan aku rapopo. Nah kalo begini ya gagal misiku, berbagi ilmu.

Kepinginnya sih menulisnya lebih detail, lebih rinci, lebih jelas. Lha ngetik ki ternyata makan waktu, ya maaf kadang makanpun perlu waktu. Intinya gini, tidak semua orang memerlukan penjelasan detail, maunya singkat, padat, dan jelas.

Facebook Comments

-- Download Blogging dengan XAMPP as PDF --



Leave a Reply

Archives