Sadar Menulis

  • 0

Sadar Menulis

Category : Uncategorized

Kesadaran untuk menulis itu lahir dari diri sendiri. Kenapa harus dipaksa? Menulis itu ibarat memasak, kalo dilakukan dengan sepenuh hati, atau dengan suka hati dan juga sukarela, tentu hasilnya akan lebih baik, lebih enak, lebih lezat. Apa jadinya masakan, kalo dilakukan secara paksa? Bisa jadi rasanya ngga karuan, bisa keasinan, bisa kepedesan, bisa hambar kurang garam, tentu bujan makanan yang enak. Begitu juga dengan tulisan. Tulisan itu bisa merupakan ekspresi diri, bisa juga aktualisasi diri, atau bukti eksistensi diri dan juga bisa juga bukti tingkat kepakaran seseorang. Orang bisa menceritakan detail tentang sesuatu berarti orang itu pakar ttg sesuatu tadi.
Menulis itu tidak harus ilmiah, tetapi menulis bukan pula sesuatu yang ngga ada manfaatnya. Menulis itu sifatnya bisa hiburan bisa kajian ilmiah, bisa juga hal yang ringan dan menghibur, sehingga hasil tulisan bisa menjadi sebuah kaya seni yang bernilai tinggi bahkan lebih tinggi dari karya ilmiah sekalipun. Oleh sebab itu menulis dengan kesadaran sendiri lebih baik daripada dengan tidak sadar menulis.
Dan terakhir, kita tidak tahu apakah tulisan kita berharga atau tidak, bernilai atau tidak, anggap ini sebagai latihan menulis. Semakin sering menulis, semakin berpengalaman dan semakin berkualitas. Ibarat semakin tinggi jam terbang seorang pilot maka semakin ahli sebagai pilot. Selamat menulis selamat menambah jam terbang anda, karena setiap latihan yang anda lakukan tidak akan pernah sia-sia.

Facebook Comments

-- Download Sadar Menulis as PDF --



Leave a Reply

Archives