Sang Periset

  • 0

Sang Periset

Category : Uncategorized

Apa enaknya jadi peneliti? Apa susahnya jadi Periset? Saya kira apapun pekerjaannya pasti ada senang dan ada susahnya. Ngga ada kerjaan yang senang terus atau kerjaan yang susah terus. Ada kalanya senang dan ada saatnya susah? Apa yang menjadi topik dalam tulisan ini, apapun profesinya dalam uraiannya menjadi bagian dari riset, namanya juga Sang Periset. Meski begitu jangan berharap hasil riset ini penuh dengan teori, rumus-rumus yang ilmiah, karena Sang Periset hanya melihat, menganalisis dan mengkaji sesuai dengan kedangkalan ilmu penulis, sehingga harap maklum jika dalam kajiannya terkesan apa adanya atau bahkan ngelantur, sehingga uraian ini masih sangat mungkin diperdebatkan, tentu penulis menghindari debat kusir, apalagi penulis bukan kusir. Lagian ngapain pak kusir berdebat mending narik penumpang ada hasilnya.

Kembali pada Sang Periset ada banyak sekali bahan riset yang bisa dikaji mulai dari yang ilmiah sekali sampai yang sama sekali ngga ilmiah, mulai dari yang bernilai (berharga) sekali sampai yang sukarela, ini yang akan menunjukkan suka dukanya Sang Periset. Ada sedikit yang membanggakan dari Sang Periset? Mungkin orang masih memandang Periset atau Peneliti itu profesi yang wao, yang (me) wah. Bahkan memandangnya pun dengan kedua belah(biji) matanya, meski begitu periset masih kurang dihargai, bahkan harganya murah, sehingga bisnis di riset bisa dianggap bisnis recehan, sekali lagi ini menurut Sang Periset.
Bagi Sang Periset, riset merupakan bidang yang cukup menjanjikan apabila ditekuni dengan serius. Apalagi kementerian dikti digabungkan dengan kementerian riset dan teknologi yang menurut anggapan sang Periset, itu berarti Perguruan Tinggi harus berbasis riset. Penulis berharap ada secercah harapan bahwa riset menjadi satu bidang yang menjanjikan untuk ditekuni.

Penulis : Suyatno Budiharjo
Dosen Akademi Telkom Jakarta
Email : suy@akademitelkom.ac.id
Web : http://www.akademitelkom.ac.id

Facebook Comments

-- Download Sang Periset as PDF --



Leave a Reply

Archives