Belajar MATLAB di Linux

  • 0

Belajar MATLAB di Linux

Category : Uncategorized

Melanjutkan tentang pembahasan belajar Matlab, yang bisa dilakukan baik di windows maupun di Linux, sekarang kita akan belajar Matlab di Linux, caranya? Silakan Instalasi Matlab versi Linux (kebetulan saya ngga ada), jadi saya menggunakan Matlab versi Windows. Untuk menjalankan aplikasi atau game versi Windows di Linux, kita bisa menggunakan Wine, saya kira salah satu jenis minuman? ternyata iya, dan ternyata Wine itu singkatan Windows Emulator.

Emulator adalah software yang dapat mengkondisikan suatu flatform (aplikasi windows) berjalan seperti flatform (windows) yang sesungguhnya pada flatform (linux) yang lain. Kita bisa bandingkan dengan Simulator(?)

Sehingga dengan Emulator Windows yang berarti Emulator mengkondisikan sebagai lingkungan Windows, sehingga aplikasi yang berjalan di Windows bisa dijalankan meski sedang berada di Linux. Ada cara yang mudah, dan cara yang susah untuk menjalankan Matlab di Linux, saya pakai cara yang mudah, prinsipnya kalo ada yang mudah kenapa cari yang susah, saya pakai aplikasi PlayonLinux. Aplikasi ini sudah mengintegrasikan Wine dengan tampilan desktop yang memudahkan bagi kita untuk menginstal software Windows di Linux.

Ini tampilan dari Icon PlayonLinux :

playonlinux

Gambar 1. icon playonlinux

Dan ketika playonlinux dijalankan, berikut ini tampilannya :

Screenshot from 2015-12-11 11:22:17

Gambar 2. Daftar software yang sudah terinstall di playonlinux

Tampilan diatas, merupakan beberapa aplikasi windows yang telah saya install di Linux dengan playonlinux. Untuk menginstalasi software aplikasi windows yang baru, silakan klik tombol Install(+), sehingga muncul tampilan berikut :

Screenshot from 2015-12-11 11:26:10

Gambar 3. Daftar Software yang tersedia di playonlinux

Software yang akan diinstal dapat dilihat di list (daftar) sebelah kiri pada gambar diatas. Jika tidak ada, klik Install a non-listed program (berada dibawah icon playonlinux), sehingga mucul tampilan berikut :

Screenshot from 2015-12-11 11:28:55

Dan seterusnya, monggo silakan diklik tombol Next, saya kira pembaca sudah banyak yang tahu, ngga usah terlalu menggurui pembaca. Nah, untuk menjalankan, tinggal pilih software, yang mo dijalankan kemudian klik Run pada gambar 2 diatas.

Screenshot from 2015-12-11 11:34:40

Gambar 4. Cara menjalankan Matlab

Sehingga muncul tampilan Matlab sebagai berikut :

Screenshot from 2015-12-11 11:37:24

Ok, siap untuk berpetualang lebih lanjut ke dunia Matlab? Bersambung ya….mo sholat Jum’at dulu.

 

 

 

Facebook Comments

-- Download Belajar MATLAB di Linux as PDF --



Leave a Reply

Archives