Modul 6 : Tunneling IPv6 over IPv4

  • 0

Modul 6 : Tunneling IPv6 over IPv4

Category : Uncategorized

TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Mengenalkan pada mahasiswa tentang dual stack
  2. Mengenalkan pada mahasiswa tentang konfigurasi dual stack pada Cisco Router

DASAR TEORI
Salah satu metode untuk pengalamatan IPv6 adalah IPv6IP Tunnel atau 6to4 Tunnel. Tipe ini berguna untuk membawa data IPv6 melalui jaringan IPv4 yang masih existing.
Screenshot from 2015-12-12 17:10:23
Gambar 1. Tunneling IPv6 over IPv4
Agar 2 jaringan yang berbeda bisa berhubungan diperlukan penanganan khusus, yang secara aplikasi merupakan hal yang sangat sulit. Secara umum tunneling dapat dianalogikan dengan 2 buah host. Satu host sumber dan satu host tujuan dan merupakan jaringan yang berjenis sama, akan tetapi terdapat jaringan yang berbeda yang terletak diantaranya. Sebagai contoh seperti yang disajikan pada Gambar 2.
Screenshot from 2015-12-12 17:10:23x
Gambar 2. Tunneling suatu paket dari Indonesia ke Arab
Dengan melihat Gambar 2. diatas permasalahan dengan 2 jaringan berbeda dapat diselesaikan dengan teknik tunneling. Dalam pengiriman paket IP ke host 2, host 1 membuat paket yang berisi alamat IP host 2, menyisipkannya ke frame ethernet yang dialamatkan ke router Indonesia dan menaruhnya pada ethernet. Pada saat router mendapatkan frame, router tersebut menghapus paket IP dan menyisipkannya ke field payload. Paket network layer
WAN kemudian mengalamatkannya ke alamat router WAN di Arab. Ketika paket tiba di Arab, router Arab menghapus paket IP dan mengirimkannya ke host 2 pada frame Ethernet.

Ada beberapa mekanisme tunneling, yaitu :

  1. 6over4, dimana paket IPv6 dapat secara otomatis dienkapsulasi melalui jaringan IPv4 dengan menggunakan IP multicast.
  2. 6to4, dimana alamat IPv6 dibuat berdasarkan alamat IPv4 atau sering disebut dengan IPv4-compatible IPv6-compatible address.
  3. IPv6 Tunnel Broker, yang menyediakan server tersendiri untuk menkonfigurasi tunnel secara otomatis bagi klien IPv4, sehingga dapat terhubung dengan jaringan backbone IPv6.
  4. DSTM (Dual Stack Transition Mechanism), yaitu Dual Stack IP dimana alokasi IPv4 dilakukan secara otomatis, penggunaan IPv4 over IPv6 untuk pengiriman melalui IPv6 sebelum tersambung ke jaringan IPv4. Mekanisme tunneling ini dilakukan dengan cara mengenkapsulasi paket IPv6 dengan header IPv4, kemudian paket tersebut langsung dikirimkan ke jaringan IPv4. enkapsulasi dilakukan oleh pengirim (misalnya R1), dan penerima (misalnya R2) melakukan proses sebaliknya yaitu de-enkapsulasi.

Screenshot from 2015-12-12 17:10:34

Gambar 3. Proses enkapsulasi pada mekanisme transisi Tunneling

Facebook Comments

-- Download Modul 6 : Tunneling IPv6 over IPv4 as PDF --



Leave a Reply

Archives