Modul 1 : Sampling, Kuantisasi dan Format Data DSP

  • 0

Modul 1 : Sampling, Kuantisasi dan Format Data DSP

Category : Uncategorized

TUJUAN

  1. Peserta mengerti permasalahan dalam sinyal Analog dan sinyal Digital.
  2. Peserta memahami konsep Sampling, Rekonstruksi dan Kuantisasi
  3. Peserta memahami permasalahan dalam proses Sampling dan Kuantisasi serta mengerti cara mengatasinya.
  4. Peserta mengerti konsep Sampling dan Kuantisasi serta mampu mengimplementasikan dengan Perangkat Lunak maupun Perangkat Keras DSP.
  5. Memahami Format Data dalam DSP.

KONSEP TEORI

Laboratorium DSP mempunyai dua komponen software dan hardware. Di dalam komponen sotfware, siswa diperkenalkan dengan sejumlah eksperimen komputer yang ditulis didalam bahasa C atau MATLAB, yang menggambarkan beberapa konsep dasar dan aplikasi dari pengolahan sinyal digital, seperti kuantisasi dan sampling, pengolahan blok dengan konvolusi, pemfilteran secara waktu nyata berbasis sampel demi sampel, perbaikan sinyal dan filter reduksi noise, realisasi langsung, kanonik dan kaskade dari filter digital, analisis spektral dengan DFT/FFT, dan perancangan filter digital FIR dan IIR.

Bagian hardware dari lab, menggambarkan pemrograman dari algoritma pengolahan sinyal waktu nyata pada chip DSP secara kongkrit, dengan DSP fixedpoint ADSP­2181. Eksperimen hardware termasuk didalamnya efek aliasing dan kuantisasi, implementasi buffer sirkular dari tunda, filter FIR dan IIR, penghapusan interferensi dengan filter notch, generator gelombang sinyal, dan beberapa efek audio digital, seperti filter combo, reverberator, beberapa multi­tap, multi­delay, dan efek delay stereo. Diasumsikan siswa telah familiar dengan pemrograman C dan atau MATLAB, Fortran boleh digunakan tetapi tidak direkomendasikan. Kebanyakan diperlukan routin C dan MATLAB dan siswa dapat memasukkannya bersama didalam program utamanya.

Pengolahan Sinyal Digital, memberikan pengertian bahwa apapun sinyalnya, akan diolah secara digital, dengan demikian sinyal yang dalam Real World atau Dunia Nyata merupakan sinyal analog, perlu dikonversikan ke dalam bentuk Digital. Proses Konversi dari Analog ke Digital memerlukan perangkat atau komponen yang disebut Analog to Digital Converter atau ADC. Terdapat banyak komponen ADC yang disediakan oleh vendor seperti Motorola, Intel, Analog Device, baik ADC 4 bit, 8 bit maupun 16 bit, mulai dari ADC yang tetap maupun ADC yang programmable. Seperti dalam kartu perangkat keras ADSP­2181 menggunakan komponen ADC AD1847.

Mengapa Harus Digital ?

Pada awalnya, semua sistem dibuat dalam bentuk analog dengan komponen analog, dan masukan sinyal analog yang memang pada kenyataannya bentuk analog itu yang tersedia dari lingkungan. Namun pada perkembangannya, terdpat sejumlah permasalahan ketika sistem analog digunakan, seperti component aging, pengaruh suhu, karena menggunakan power yang cukup besar, sehingga komponen lebih mudah panas, dan ketika sistem membutuhkan hal yang lebih komplek, dan lebih cepat, komponen analog tidak mampu menyelesaikan permasalahan ini, dan disisi lain terdapat sejumlah penemuan baru dengan perangkat digital yang menjanjikan solusi terhadap permasalahan tersebut, komsumsi daya kecil, sehingga komponen tidak cepat panas, dapat diprogram, sehingga lebih flesibel dalam banyak hal. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak menggunakan perangkat digital. Dengan flesibilitas yang tinggi, karena programmable maka perkembangan algoritma DSP menjadi sangat pesat dengan kompleksitas yang tinggi.

Screenshot from 2015-12-14 06:11:34

Apakah anda memperhatikan, bagaimana berbagai hal menjadi digital saat ini? Filter digital, modem digital, transciever digital dan masih banyak lagi yang lain dan untuk alasan yang baik. Representasi digital dari sinyal dibanding analog mempunyai beberapa keuntungan :

✔ komponen lebih sedikit

✔ stabil, perfomansi deteministik

✔ cakupan aplikasi yang luas

✔ tanpa adjustment filter

✔ Filter dengan toleransi yang cukup kecil

✔Filter adaptif lebih mudah diimplementasikan.

Facebook Comments

-- Download Modul 1 : Sampling, Kuantisasi dan Format Data DSP as PDF --



Leave a Reply