Implementasi Frame Relay dengan Router Cisco

  • 0

Implementasi Frame Relay dengan Router Cisco

Category : Uncategorized

Pembahasan Materi Kuliah Jaringan Komputer 2 terkait dengan pokok bahsan Accesing WAN (Wide Area Network) telah sampai pada sub bahasan Frame Relay. Apa itu Frame Relay? Bagaimana prinsip kerjanya Dan bagaimana implementasi dari Frame Relay khususnya pada Router Cisco?
Apa itu Frame Relay?

Frame relay adalah salah satu teknologi jaringan WAN dalam paket switching – suatu komunikasi WAN melalui line digital berkualitas tinggi. Frame Relay mengurangi biaya jaringan dengan menggunakan peralatan yang lebih sedikit, kompleksitas yang rendah, dan implementasi lebih mudah. Selain itu, Frame Relay menyediakan bandwidth yang lebih besar, keandalan, dan ketahanan dari jaringan pribadi atau disewakan. Dengan meningkatnya globalisasi dan pertumbuhan topologi kantor cabang satu-ke-banyak, Frame Relay menawarkan arsitektur jaringan sederhana dan biaya kepemilikan yang lebih rendah.

frame_relay

Cara Kerja Frame Relay ?

Frame Relay adalah protokol kinerja tinggi WAN yang beroperasi pada lapisan fisik dan data link dari model referensi OSI.  Koneksi antara perangkat DTE dan DCE perangkat terdiri dari kedua komponen lapisan fisik dan komponen lapisan link:

Komponen fisik mendefinisikan spesifikasi mekanik, listrik, fungsional, dan prosedural untuk sambungan antara perangkat. Salah satu yang paling umum digunakan spesifikasi lapisan antarmuka fisik adalah spesifikasi RS-232.
Link layer komponen mendefinisikan protokol yang menetapkan hubungan antara perangkat DTE, seperti router, dan perangkat DCE, seperti switch.

Koneksi melalui jaringan Frame Relay antara dua DTE disebut sirkuit virtual (VC). Rangkaian adalah virtual karena tidak ada sambungan listrik langsung dari ujung ke ujung. Koneksi logis, dan data bergerak dari ujung ke ujung, tanpa sirkuit listrik langsung. Dengan VC, Frame Relay berbagi bandwidth antara beberapa pengguna dan situs tunggal dapat berkomunikasi dengan situs tunggal lainnya tanpa menggunakan beberapa jaringan fisik khusus.

 

Implementasi Frame Relay?

Sebelum router Cisco mampu mengirimkan data lebih Frame Relay, perlu untuk mengetahui peta DLCI lokal ke Layer 3 alamat tujuan jarak jauh. Router Cisco mendukung semua protokol lapisan jaringan lebih Frame Relay, seperti IP, IPX, dan AppleTalk. Ini pemetaan alamat ke DLCI dapat dicapai baik oleh pemetaan statis atau dinamis.

frame_relayx

Untuk mengimplementasikan Frame Relay dengan Router Cisco, maka pada masing-masing Interface dikonfigurasi dengan enkapsulasi Frame Relay dan mapping ke DLCI.

Contoh :

  1. Implementasi Frame Relay dengan Packet Tracer.
  2. packet_tracer_frame_relay_setup

 

Facebook Comments

-- Download Implementasi Frame Relay dengan Router Cisco as PDF --



Leave a Reply

Archives