Modul 1 : Pengantar Web Programming (2)

  • 0

Modul 1 : Pengantar Web Programming (2)

Category : Uncategorized

Instalasi Software

Sebagaimana telah diketahui bahwa pemrograman Web, memerlukan wadah untuk dapat dieksekusi oleh Client. Oleh sebab itu diperlukan untuk proses instalasi Software­-software yang terkait dengan aplikasi Web, yaitu :

  1. Web Server : Apache, Xitami, Wamp
  2. Database Server : MySQL
  3. Modul­modul : PHP, PHP­MySQL

Untuk OS Windows :

Instalasi PHP dapat dilakukan dengan cara terpisah, dengan aplikasi yang lain atau dapat dilakukan secara bersamaan dengan paket aplikasi yang lain seperti yang ada pada PHPTriad dimana PHPTriad menggabungkan paket aplikasi Web Server dalam hal ini Apache, Modul PHP, dan Database Server (MySQL) dalam satu paket. Sehingga proses instalasinya cukup mudah dengan klik ganda installer PHP Triad. Untuk Instalasi secara terpisah, maka dilakukan instalasi per paket seperti yang ada pada saat Instalasi dengan Web Server Xitami, maka langkah instalasinya :

  1. Instalasi Paket PHP
  2. Instalasi Paket MySQL
  3. Instalasi Xitami

Instalasi ketiga paket di atas, dapat dilakukan dengan mudah, karena cukup klik ganda file installer dengan ekstensi *.exe dan selanjutnya tinggal mengikuti prosesnya. Cukup mudah sepanjang kita cukup familiar dengan bahasa Inggris.

Konfigurasi Web :

Letakkan halaman web anda pada c:/apache/htdocs/sc_web untuk Web server Apache, dan c:/apache/mysql/data/data_anda untuk File database yang akan anda buat. Sedangkan untuk Web Server Xitami c:/Xitami/Webpages/sc_web untuk web anda dan c:/mysql/data/data_anda untuk file database anda.

Untuk OS Linux :

Untuk paket­paket Web server telah tersedia didalam CD Installernya, sehingga kita tinggal memilih paket­paket tersebut pada saat Instalasi OS. Kalaupun belum terinstalasi, maka kitapun dapat menambahkan sendiri baik dalam mode teks maupun mode grafis. Untuk mode teks dapat dilakukan dengan menggunakan Console, Shell, atau terminal pada OS Linux tentu menggunakan user root untuk dapat melakukan instalasi dimana paket­paket yang mau diinstalasi dalam format *.rpm (Redhat Packet Manager) seperti berikut :

[root@www ~]# rpm ­ivh httpd­2.0.52­9.ent.i386.rpm

[root@www ~]# rpm ­ivh php­4.3.9­3.1­i386.rpm

[root@www ~]# rpm ­ivh php­mysql­4.3.9­3.1­i386.rpm

[root@www ~]# rpm ­ivh mysql*.rpm

Paket­-paket diatas, baru paket utamanya, dan masih diperlukan beberapa paket yang lainnya. Untuk melihat paket­paket mysql selengkapnya yang telah diinstal dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

[root@www ~]# rpm ­qa | grep mysql

mysqlclient10­3.23.58­4.RHEL4.1

mysql­server­4.1.7­4.RHEL4.1

php­mysql­4.3.9­3.1

Catatan : Paket untuk Redhat Enterprise Linux (RHEL), dan akan berbeda untuk distro Linux yang lainnya. Dan aplikasinya cukup banyak tentu agak menyulitkan bagi pemula, sehingga alangkah baiknya jika menggunakan mode grafis untuk instalasi paket tersebut.

Facebook Comments

-- Download Modul 1 : Pengantar Web Programming (2) as PDF --



Leave a Reply

Archives