Membongkar Rahasia Matlab dalam Pengolahan Citra

  • 0

Membongkar Rahasia Matlab dalam Pengolahan Citra

Category : Uncategorized

Pada artikel ini saya akan membahas tuntas atau Membongkar Rahasia Matlab dalam Pengolahan Citra. Makalah ini saya susun untuk memberikan gambaran pembacara tentang Matab dan kemampuannya dalam pengolahan citra digital. Manfaat dari pembahasan pengolahan citra ini adalah berkaitan dengan trend teknologi yang berkembang saat ini, terutama teknologi smartphone yang memungkinkan untuk merekam segala aktifitas atau kejadian yang dihadapi atau selfie.

Apa itu Pengolahan Citra?

Pengolahan citra (gambar) merupakan proses mengolah data citra untuk keperluan tertentu, antara lain adalah Pengolahan Citra untuk Identifikasi (Analisis), Pengolahan Citra untuk Pengenalan Pola, Pengolahan Citra untuk Kompresi, Pengolahan Citra untuk Restorasi, dan Pengenalan Citra untuk Perbaikan. Citra merupakan sinyal atau pola yang dibentuk dari intensitas cahayan dari pantulan obyek yang ditangkap oleh kamera. Citra merupakan pola yang dibentuk dalam bidang dua dimensi, dan ketika citra merupakan citra digital, maka citra digital sering dinyatakan dengan matrik MxN. Sehingga sangat memungkinkan melakukan pengolahan citra dengan menggunakan MATLAB. Contoh citra digital dapat ditunjukkan pada gambar berikut :

membongkar rahasia matlab dalam pengolahan citra

Contoh Pengolahan Citra

Mengapa Perlu membongkar Rahasia Matlab dalam Pengolahan Citra ?

Pada dasarnya Matlab adalah perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk mengolah citra digital. Matlab merupakan kependekan dari Matrix Laboratory. Sehingga kunci utamanya adalah matrik. Sedangkan citra digital dalam hal ini dapat dinyatakan dalam bentuk matrik. Dengan demikian secara prinsip Matlab mempunyai kemampuan untuk itu.

 

Bagaimana Matlab Melakukannya ?

Matlab secara spesifik mempunyai fasilitas yang khusus untuk pengolahan sinyal digital, yaitu Toolbox Image Processing. Toolbox adalah kumpulan fungsi-fungsi yang dibuat untuk melakukan pengolahan citra. Dengan demikian pengguna dapat menggunakan fungsi-fungsi tersebut untuk mempermudah dalam pembuatan program yang baru. Bahkan pengguna juga dapat kembangkan dengan membuat fungsi-fungsi yang baru untuk melengkapi fungsi-fungsi yang udah ada.

Contoh : fungsi yang ada di Matlab yang dapat digunakan untuk pengolahan citra antara lain adalah imread, imwrite, imshow, dan lain sebagainya.

Contoh script program Matlab antara lain adalah sebagai berikut :

y=imread(‘gambar.jpg’);

imshow(y);

Facebook Comments

-- Download Membongkar Rahasia Matlab dalam Pengolahan Citra as PDF --



Leave a Reply

Archives