Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor

  • 0

Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor

Category : Uncategorized

Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor merupakan bagian dari sistem penilaian untuk kelulusan mata kuliah Mikroprosesor, dimana pembelajaran tidak hanya berorientasi pada teori  tetapi juga Praktek.

 

Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor

Pengalaman Praktek jelas lebih memberikan manfaat dibandingkan hanya sekedar teori.

Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor

Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor

Berikut ini adalah beberapa kelompok Proyek Mata Kuliah Mikroprosesor :

  1. Kontrol Suhu dengan Mikrokontroller automatic_fan, alat ini berfungsi untuk mengendalikan suhu ruangan dengan mengaktifkan kipas angin sebagai pendingin, jika suhu ruangan terlalu panas
  2. Perangkat Anti Pencuri dengan pir_anti_maling, alat ini berfungsi untuk mendeteksi adanya dengan gerakan menggunakan senor PIR (Passive Infra Red), dan mengaktifkan buzzer jika terdeteksi adanya gerakan.
  3. Alat Deteksi Kebakaran alat_deteksi_kebakaran, alat ini menggunakan sensor suhu untuk mendeteksi adanya lonjakan suhu karena adanya api sehingga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kebakaran
  4. Aplikasi Sensor Jarak dengan Ultrasonik sensor_jarak_ultrasonik, alat ini digunakan untuk mendeteksi adanya obyek pada jarak tertentu, sehingga dapat digunakan untuk menghindari tabrakan atau untuk sistem kontrol parkir pada kendaraan,
  5. Termometer Digital dengan LCD termometer_digital_dengan_lcd, alat ini digunakan untuk membuat termometer digital dari sensor suhu yang kemudian ditampilkan pada LCD
  6. Sensor Alarm Menggunakan PIR sensor_alarm_menggunakan_pir, Seperti alat no 2 dengan peruntukan yang berbeda.
  7. Sensor Ultasonic dengan LED sensor_ultrasonik_dengan_led, seperti alat no 4 dengan tampilan pada LCD dapat digunakan sebagai alat pengukur tinggi badan dan sebagainya.
  8. Aplikasi Tombol Pintar, KELOMPOK_1 _13_TEL_01_, alat ini digunakan untuk otomatisasi lampu dan indikator pada saat ruangan (kamar mandi) sedang digunakan atau tidak.
  9. Aplikasi dengan Sensor Cahaya sensor_cahaya_dengan_ldr, alat ini digunakan untuk menyalakan lampu otomatis berdasarkan sensor cahaya, ketika gelap lampu nyala dan ketika terang lampu mati.

Demikianlah pemaparan tentang Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor semoga apa yang telah dibuat menjadi karya yang bermanfaat untuk pembelajaran maupun untuk pengembangan lebih lanjut agar diperoleh suatu inovasi yang baru yang lebih baik dan lebih sempurna. Sekecil apapun karya yang dibuat menjadi satu nilai tersendiri, terutama untuk Mata Kuliah Mikroprosesor.

Facebook Comments

-- Download Proyek Akhir Mata Kuliah Mikroprosesor as PDF --



Leave a Reply